-->

Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat

Home » AGC » AGC Blogspot » Blogspot » Tutorial » Cara Membuat AGC Blogspot 100% Work Cara Membuat AGC Blogspot 100% Work

Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat - Hallo sahabat ConSystem, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Android, Artikel Aplikasi, Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat
link : Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat

Baca juga


Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat

Cara menggunakan GPS - Bagaimana cara setting gps pada hp android untuk mendapatkan titik koordinat gps secara akurat ? GPS merupakan salah salah satu aplikasi terpenting yang ada pada setiap smartphone, tanpa terkecuali smartphone Android. Terdapatnya aplikasi GPS di handphone android, dapat memberikan suatu kemudahan pada anda untuk menemukan ponsel Android yang hilang, mengetahui titik lokasi kemacetan dan masih banyak lagi.

Namun dengan maraknya smartphone berbasis Android, masih terdapat beberapa orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara menggunakan gps di hp Android mereka sendiri. Dengan memberikan fasilitas pelacak lokasi memudahankan kita untuk mengakses wilayah dalam berbagai informasi navigasi menuju tempat tujuan menjadi alasan orang-orang untuk menggunakan GPS, sehingga membuat aplikasi GPS menjadi populer dikalangan masyarakat kita saat ini. Selain itu fungsi dari gps pada hp android itu sendiri dapat menjadi sebuah cara melihat orang dari satelit secara live jika kita ingin melacak keberadaan seseorang.

Sebenarnya fungsi gps adalah untuk memberi informasi tentang posisi, kecepatan, dan waktu secara cepat, akurat, murah, dimanapun di bumi ini tanpa melihat status cuaca. Atau dapat dikatakan sebagai sistem navigasi ataupun sistem penentuan posisi berdasarkan titik koordinat gps.

Ketepatan / akurat dari GPS jika dihitung bisa mencapai beberapa mm untuk ketepatan posisinya, beberapa nanodetik untuk ketelitian waktunya dan beberapa cm/s untuk ketelitian kecepatannya. Ketelitian lokasi gps yang diterima akan tergantung berdasarkan beberapa faktor yaitu metode penentuan posisi, tingkat ketelitian data, geometri satelit dan metode pengolahan datanya. Untuk memberikan memberikan keamanan pada sebuah mobil sekarang hampir semuanya juga memiliki perangkat GPS navigasi yang sering kita sebut dengan gps tracker mobil. Untuk kita yang belum memiliki GPS, kita dapat memanfaatkan smartphone Android sebagai GPS dengan bantuan aplikasi khusus atau hanya menggunakan aplikasi google maps saja.

Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat

aplikasi gps


Aplikasi GPS Android dapat dibedakan menjadi 2 jenis dengan acuan proses pengambilan data :
  • Yang pertama adalah aplikasi GPS Android Online. Aplikasi gps akan mengambil data navigasi dari server tertentu melalui internet lalu kemudian memberikan tampilan kepada pengguna, Oleh karena itu untuk dapat mengakses data navigasi pengguna dibutuhkan koneksi internet.
  • Jenis yang kedua adalah aplikasi GPS Android Offline, dimana ketika menggunakan aplikasi ini kita tidak memerlukan koneksi internet, karena semua data navigasi yang dibutuhkan sudah di-download serta disimpan pada memori ponsel / tabletAndroid kita. 
Dari penjelasan diatas menggunakan aplikasi GPS Android offline tentunya akan lebih menyenangkan, karena menghemat penggunaan bandwith internet yang mahal. Namun perlu kita ketahui keduanya sama-sama menggunakan koneksi terhadap jaringan operator melalui satelit.
Menurut kami Aplikasi GPS Android yang paling efektif ialah Google Maps Navigation. Secara settingan pabrik, OS Android sudah menginstal aplikasi Google Maps di dalamnya. Supaya dapat menggunakan atau menjalankan Google Maps dan atau aplikasi GPS Android lainnya kita perlu mengaktifkan fitur GPS pada handphone android kita. Berikut adalah cara mengaktifkan GPS pada android :
  1. Tekan tombol "Menu"
  2. Pilih "Setting" kemudian "Location"
  3. Lalu pada tampilan "My Location" terdapat dua pilihan "Use Wireless Network" dan "Use GPS Satellite"
  4. "Use Wireless Network" akan menggunakan GPS berdasarkan jaringan Wi-Fi dan BTS. Sedangkan "Use GPS Satellite" akan menggunakan GPS berdasarkan sinyal dari satellite. Pilihan kedua akan memberikan data GPS yang lebih akurat dari pada "Use Wireless Network" Namun perlu diingat ini akan membuang banyak energi atau baterai cepat habis.
  5. Silahkan dipilih mana cara menggunakan gps yang menurut anda paling efektif bagi penggunaan anda.

Sebagai contoh dalam cara menggunakan aplikasi gps adalah ketika kita sedang berada dalam perjalanan yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, kita bingung mencari tempat tujuan karena terlalu banyak jalan pada suatu perkotaan atau dapat juga untuk menemukan hp android kita yang hilang namun sim tidak aktif. Untuk mempersingkat waktu kita langsung simak saja caranya dibawah ini :

  1. Pertama aktifkan terlebih dahulu buka pengaturan GPS di hp android kita yaitu dari Pengaturan >> pilih Layanan lokasi, pada bagian ini pilih menu Gunakan satelit GPS dan Pencarian Lokasi supaya sistem gps di handphone kita aktif.
  2. Setelah GPS android sudah aktif >> buka aplikasi Maps. Untuk menentukasi titik koordinat tepat lokasi kita berada saat ini adalah dengan memilih tombol kecil dengan garis empat kecil di sekelilingnya. Mungkin untuk maps yang sudah diperbaharui, tombol ini berada dipojok bawah kanan. Agar android tepat dalam menentukan lokasi kita, kami sarankan supaya berdiri dibawah langit biru yang cerah, jangan didalam ruangan seperti didalam rumah atau dibawah pepohonan. 
  3. Jika sudah tepat akan terliat titik biru kecil dengan lingkaran yang kecil yang menandakan tepatnya lokasi kita berdiri. Apabila lingkarannya besar itu menandakan jika lokasi tersebut tidak tepat. Titik biru ini akan mengikuti kita jika kita berjalan. Nah dari sini lah kita bisa mengetahui jalan-jalannya.
  4. Untuk mencari jalan yang paling dekat dengan lokasi yang akan menjadi tempat tujuan adalah dengan cara memilih tombol seperti kaca pembesar lalu ketik dipencarian lokasi yang kita akan datangi.
  5. Agar peta dapat disimpan secara offline pilih tombol kiri handphone kita, lalu pilih Make available offline. Geser perbesar atau perkecil sampai kotaknya sampai merah lagi. Kemudian pilih done.

UPDATE !! Membuat Lokasi GPS Lebih Akurat Terbaru

Perlu untuk kita ketahui bahwa sekarang ini sering kali gps android tidak akurat karena pengaturan bawaan pabrik hp android itu sendiri. Hal ini disebabkan dengan adanya fitur "Mode Lokasi Hemat Baterai" justru membuat pencarian lokasi gps menjadi kurang akurat, meskipun mode tersebut membuat smartphone menjadi lebih awet dalam penggunaan daya baterai. Namun apabila kita menginginkan untuk masalah titik biru maps tidak akurat tidak lagi terjadi, sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu untuk merubah setingan gps hp android dari Mode Lokasi Hemat Baterai menjadi MODE AKURASI TINGGI GPS, agar lebih jelasnya mari kita lihat ulasan selengkapnya mengenai cara setting gps akurasi tinggi terbaru pada hp android :

  1. Langkah pertama buka menu settings / setelan pada hp android yang kita miliki
  2. Kemudian cari dan masuk menu "LOKASI" pada pengaturan hp android tersebut
  3. Setelah itu masuk ke menu pengaturan lokasi, dan silakan pilih menu mode lokasi
  4. Lalu ubah Mode Lokasi Hemat Baterai mode menjadi MODE AKURASI TINGGI GPS
    cara membuat gps akurat tinggi

Dengan begitu google maps akan memiliki akurasi lebih tinggi dari sebelumnya tanpa harus melakukan proses root namun jika kita menggunakan settingan gps android tersebut, penggunaan daya baterai hp android akan lebih cepat terkuras habis.

    baca juga :

    Tambahan 

    Terkadang saat kita sedang menggunakan aplikasi google maps android ini masalah yang sering dialami oleh para pengguna ponsel android adalah aplikasi gps tidak dapat dibuka atau muncul notifikasi fix gps not work. Untuk itu kami mencoba memberikan sedikit informasi yang sering berhasil digunakan oleh para pengguna hp android tersebut yaitu dengan cara sebagai berikut :

    Buka Pengamanan atau security >> Kemudian Pilih Permission >> Klik Get Location Info >> Pastikan Google Play Service, Google Framework Service, dan Google Maps diberikan permission utk akses lokasi >> Selesai

    Demikian artikel yang dapat kami sampaikan ini mengenai cara menggunakan gps beserta settingan gps untuk mendapatkan titik lokasi secara akurat. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua sehingga kita mempunyai suatu cara mengetahui posisi seseorang lewat gps, terima kasih.


    Demikianlah Artikel Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat

    Sekianlah artikel Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


    Anda sekarang membaca artikel Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat dengan alamat link https://consystem.blogspot.com/2018/05/cara-seting-aplikasi-gps-pada-android.html

    0 Response to "Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat "

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel